Home GDSC PEJAMBON

GDSC PEJAMBON

GDSC copyMENUJU DESA SEHAT DAN CERDAS

Desa sehat dan cerdas adalah kondisi suatu pemerintahan Desa De ngan masyarakat Desa yang memiliki derajat kesehatan yang optimal, berperilaku sehat dan cerdas sehingga mampu produktif, berdaya saing, mandiri, bahagia dan sejahtera.

Ajakan dan seruan itu selalu di gembar gemborkan oleh pemerintah Desa Pejambon agar dengan cepat Desa Pejambon kecamatan Sumberrejo meningkatkan Indek Pembangunan Masyarakat ( IPM ) pada bidang kesehatan dan Cerdas sekaligus nantinya desa Pejambon menjadi Desa Madani dengan derajat sehat dan cerdas sudah doiatas 80 % dari indicator GDSC kabupaten Bojonegoro.

Sesuai dengan Peraturan Bupati Bojonegoro nomor 47 tahun 2014 tentang Gerakan kelurahan / Desa sehat dan cerdas, Pemerintah Desa Pejambon juga menyiapkan Regulasi sebagai dasar peraturan dan pedoman dalam melaksanakan program GDSC agar terarah dan efesien yaitu melalui Perdes Nomor 03 tahun 2016 tentang GDSC, selain Perdes Pemerintah Desa juga membentuk TIM kelompok kerja Percepatan dengan SK Kepala Desa Nomor 7 tahun 2016 Tentang Tim Pokja Desa Sehat dan Cerdas.

Disamping Regulasi yang dibuat sebagai payung hukumnya pemerintah Desa juga menerapkan beberapa cara atau metode sebagai langkah dan strategi agar Percepatan Program Pembangunan yang berkelanjutan bisa cepat terealisasi pada Desa Pejambon kecamatan Sumberrejo.

Langkah kongrit dari Metode tersebut pemerintah Desa Pejambon kecamatan Sumberrejo menggunakan antara lain :

  1. PERENCANAAN ( Planing )
  2. Membuat Perdes Sebagai Dasar hukum atas kegiatan GDSC di desa Pejambon dengan Perdes Nomor 03 Tahun 2016 Tentang Percepatan Program GDSC Desa Pejambon.
  3. Membentuk TIM pelaksana kegiatan dengan SK Kepala Desa Nomor 07 tahun 2016 Tentang Desa sehat dan Cerdas dengan pengurus terdiri dari beberapa elemen Masyarakat dan Lembaga Desa yang berkompeten terhadap indicator program GDSC.
  4. Setelah penggalian gagasan pada tingkat RT dan RW di himbau pada Seluruh Warga Desa pejambon agar mengajukan usulan pada MUSRENBANGDes dengan usulan yang ada hubunganya dengan Indicator Desa Sehat dan Desa Cerdas. untuk dituangkan dalam RKP Desa yang kemudian masuk pada APBDes.
  5. Mengadakan Sosialisasi tentang APBDesa yang mana semua program tentang Pembangunan khusunya perkembangan tentang GDSC dapat diakses oleh Masyarakat dengan mudah melalui berbagai media mulai media tatap muka Forum Diskusi Desa, ( FDD ) selebaran Baleho, Papan Informasi Desa dan juga media Sosial pada situs resmi desa Pejambon. dengan alamat Pejambon-bjn.desa.id.
  6. PELAKSANAAN ( actuating )
  7. Dalam pelaksanaan kegiatan dari indicator Desa Sehat dan Cerdas semua kegiatan pembangunan dilakukan oleh masyarakat desa Pejambon sendiri, dikandung maksud dari pelaksanaan pekerjaan tersebut bisa menambah pendapatan keluarga agar membawa kesejahteraan Masyarakat.
  8. Mengoptimalisasi Anggaran pada APBDesa tahun 2016 sebesar 90 % dri 70 % jumlah APBDesa untuk mendanai Usulan warga dan lembaga Desa tentang program GDSC seperti contoh yang tercantum pada Daftar Perencanaan pembangunan Desa.

 

  1. EVALUASI ( Controling )
  2. Mengadakan Evaluasi dan koreksi bersama- sama masyarakat terhadap kegiatan pembangunan khusunya Pada program GDSC dikandung maksud dari koreksi dan evaluasi nantinya akan tahu sejauh mana perkembangan pelaksanaan kegiatan, dan jika terjadi kendala dilapangan akan mudah mencari solusinya.

 

  1. PELAPORAN
  2. Laporan secara berkala ( Triwulan ) pada tahun berjalan dari TIM POKJA GDSC kepada Kepala Desa dikandung maksud agar secara keseluruhan progres dan perkembangan program GDSC di Desa Pejambon dapat selalu dilihat Grafik perkembangannya.
  3. Laporan Kegiatan Kepada Bupati melalui Camat Sumberrejo sesuai perintah dan tahapan yang telah ditentukan.

 

  1. SASARAN DAN KEBERHASILAN PROGRAM GDSC Desa Pejambon

Dari metode dan system diatas pada tahun 2015 Desa Pejambon telah bisa mencapai target kegiatan 80 % dari 19 Parameter Desa sehat dan desa Cerdas, dan pada tahun 2016 nanti Desa Pejambon mentargetkan 100 % indicator GDSC akan terealisasi di Desa Pejambon kecamatan Sumberrejo.

Adapun Out put dari GDSC di desa Pejambon adalah menurunya angka penderita penyakit masyarakat desa pejambon mulai Diare, Demam berdarah, dan penyakit menular lainya yang terjadi pada tahun 2014 menjadi berkurang prosentasenya pada tahun 2015.

Data pada bidan Desa dan Kader kesehatan Desa menunjukan untuk jenis penyakit pada tahun 2014 menjadi menurun pada tahun 2015.

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan Indikator GDSC di desa Pejambon dapat dibuktikan dengan meningkatnya derajat kesehatan warga menjadi semakin Sehat dan semakin menjadi Cerdas.

Disamping meningkatnya derajat kesehatan di desa pejambon juga tak kalah dalam meningkatnya derajat kecerdasan pada tatanan Pemeritah desa maupun pada masyarakatnya, terbukti Data dibawah ini menunjukan bahwa :

  1. Pada tahun 2015 angka rata-rata kelulusan pendidikan naik menjadi rata-rata Setingkat SMA dari SMP sederajat, itu semua dengan adanya program lama belajar kejar Paket yang ada di desa Pejambon melalau PKBM.
  2. Dibidang pengelolaan air jaringan yang ada di desa Pejambon tertata rapi terbukti tercukupinya kebutuhan air bagi para petani dan terpilihnya pengurus HIPPA Desa Pejambon menjadi ketua HIPPA gabungan pada wilayah Tengah.
  3. Pada bidang perpusdes di desa pejambon sudh terbentuk sejak tahun 2011 dengan kiat-kiat pelayanan dan pengembangan sedah diakui oleh Pemerintah kabupaten Bojonegoro terbukti pada tahun 2014 perpusdes Ibu pertiwi desa pejambon juara II tingkat kabupaten.
  4. Dibidang Sarana dan infrastruktur , desa pejambon sudah transparan dalam pelaksanaanya bahkan sudah telanjang. Terbukti mulai perencanaan dan pelaksanaan pembangunan masyarakat dengan mudah bisa mengakses informasi tersebut, berapa anggaran siapa pelaksana kegiatan, lokasi dimana dst, semua mudah ditemukan diberbagai media mulai media tekhnologi sampai media tradisional.
  5. Dibidang administrasi desa yang baik, sudah tidak diragukan lagi terbukti pada tahun 2015 Desa Pejambon juara II tertib Administrasi tingkat kabupaten Bojonegoro.

Dari data ditersebut dapat disimpulkan bahwa desa Pejambon siap menjadi Desa sehat dan Cerdas, yang nantinya bisa membawa masyarakat pejambon menuju masyarakat yang madani.

 

Pejambon, 1 Februari 2016

(TIM POKJA Desa Sehat dan Cerdas)