Profil

PROFIL PIID PEL

DESA PEJAMBON KECAMATAN SUMBERREJO
KABUPATEN BOJONEGORO
JAWA TIMUR

Program PIID pel yang di terima oleh Desa Pejambon kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro merupakan program dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi,  dalam bentuk dana Hibah yang Dananya bersumber dari Bank Dunia dan sesuai petunjuk dan PTO dana tersebut harus digunakan  untuk Pengembangan Ekonomi di tingkat Desa yang secara umum bisa berbentuk Pengembangan  wisata, Hasil Produksi UMKM, Industri, Pertanian, dll.

Berdasarkan Surat keputusan menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Transmigrasi nomor 48 tahun 2018 tentang Program Inovasi Desa, bahwa Desa Pejambon kecamatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro, berhak menerima bantuan tersebut  bersama 100  Desa dari seluruh Indonesia, sebagai apresiasi atau Reward dari kementerian Desa atas prestasi Desa Pejambon sebagai juara 1 ( satu ) Nasional kategori Desa Terinformatif Dalam Layanan Publik pada tahun 2018.

Merujuk kepada surat keputusan Menteri Desa PDTT tersebut terbentuklah TPKK Desa Pejambon dengan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor 60 tahun 2018 tentang Tim Pelaksana Kegiatan Kemitraan.

Sesuai perencanaan Pemerintah Desa Pejambon, pada tahun 2017 bahwa Pemerintah Desa Pejambon telah membuat konsep perencanakan untuk menuju Desa Wisata, yang di tuangkan ke dalam Master Plan Wisata Desa,dengan harapan konsep ini akan  mendongkrak Pendapatan ekonomi Maasyarakat Desa  melalui terciptanya lapangan kerja baru agar  tidak tertumpu pada satu sektor  pertanian, yang selama ini menjadi mata pencaharian terbesar bagi masyarakat Desa Pejambon.

Disamping konsep desa wisata menjadi pendorong peningkatan pendapatan Masyarakat, konsep Desa wisata tersebut diharapakan akan mampu menambah Pendapatan Asli Desa ( PAD ).

Itulah mengapa program PIID PEL yang di terima oleh Pemerintah Desa Pejambon digunakan untuk Pembangunan Desa Wisata,  karena secara konsep Pemerintah Desa Pejambon,  sudah merencakan dengan matang Perencanaan  tersebut.

Adapun nama dan Tema yang di pilih untuk Pembangunan wisata Desa Pejambon adalah  Wisata Edukasi, karena tema tersebut menyesuaikan predikat desa Pejambon yang selalu menjadi wisata study dan edukasi dari berbagai desa dari seluruh Indonesia.

konsep wisata Edukuasi Pejambon yang disajikan saat ini  adalah edukasi wahana dalam bentuk Out bound dan Museum Pertanian, yang di dukung wahana lain sebagai penunjang dan akses pendukung, sekaligus akan menyuguhkan wisata Edukasi Budaya dan wisata Edukasi pertanian sebagai pengembanganya.

Master Plan Wisata Desa Pejambon yang menjadi embrio atau cikal bakal lahirnya wisata Edukasi Pejambon.

Dalam bekerja sesuai Petu njuk Operasional dari program PIID PEL Tim Pelaksana Kegiatan Kemitraan ( TPKK ) di bantu oleh para pendamping dan partnership agar pekerjaan bisa berjalan  bagus dan benar. Adapun kemitraan tersebut terdiri dari :

 

No

 

Kemitraan

 

Keterangan

 

1 INKUBATOR Pendamping ahli dalam Pelaksanaan kegiatan pengembangan Wisata Desa yang dalam hal ini TPKK desa Pejambon bekerja sama dengan Kelompok Kerja Kebudayaan Bojonegoro

 

2 KUEMDes Kelompok Usaha Ekonomi Masyarakat  Desa  yang nantinya diiharapakan program PIID PEL dapat sebagai penampung hasil Home Industry dan pemasaranya, yang dalam hal ini TPKK bekerja sama denan “ KUB. SARANA MANDIRI SEJAHTERA “    Desa Pejambon.

 

3 OFFTAKER Biro traveling yang diharpakan menjadi marketing wisata Edukasi Pejambon, yang dalam hal ini pihak TPKK bekerja sama  dengan  PO. GALANG TRANS Desa Wotan Kecamatan Sumberrejo.

 

4 BUMDesa Badan Usaha Milik Desa adalah lembaga desa yang di harapakan nanti setelah pelaksanaan Kegiatan TPKK selesai sebagai pengelola wisata desa  yang dalam hal ini TPKK bekerja sama dengan BUMDesa “ SARANA MANDIRI “ Desa Pejambon.

 

SK TPKK Desa Pejambon

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist