Home Kelompok Informasi Masyarakat

Kelompok Informasi Masyarakat

Berawal pada bulan Januari  tahun 2010, yang diprakarsai oleh Kepala Desa Pejambon, Pemdes telah mengadakan pertemuan dengan BPD, ToMas ketua Tim Penggerak  PKK, Ketua RT/RW  dan  lembaga desa lainya dan dari pertemuan itu, maka lahirlah kelompok informasi masyarakat dengan nama KIM “Akses Jaya”.

Kim “Akses Jaya” lahir pada saat dengan fungsi utama sebagai wahana menyalurkan informasi dari atas ( pemerintah ) kepada masyarakat  top down dan menampung aspirasi masyrakat dari bawah untuk disampaikan  kepada pemerintah Bottom up.

Selanjutnya  waktu terus  berjalan  dan rutinitas  kegiatan terus  dilakukan oleh KIM Akses Jaya Desa pejambon dalam bentuk Diskusi dan dialog interaktif  “Pie Apik’e”  rutin  tiap 2 kali dalam satu bulan, kegiatan siaran radio, pelatihan, mengikuti pameran, penyuluhan, dan masih banyak kegiatan lainya,  juga adanya keterlibatan dan partisipasi  DINKOMINFO dalam membina KIM “Akses Jaya” Desa Pejambon, maka kemudian KIM bertambah fungsi menjadi motor penggerak  lahirnya Kelompok Usaha Bersama ( KUB )   di desa Pejambon dan sekaligus sebagai marketing produk-produk Home industry yang ada di desa Pejambon.
Adapun produk-produk Home industry antara lain   berupa batik jonegoroan, batik painting, pengolahan bahan kedelai menjadi susu kedelai, kripik tempe, tahu, tempe, kecap,serta kerajinan lainya seperti batik sulam, pemanfaatan limbah kain menajadi keset dan sebagainya.
Tentunya apa yang dilakukan oleh KIM Akses Jaya  pada saat itu masih memakai cara konvensional dan tradisional dalam mendorong kegiatan  dan memberikan layanan informasi  kepada publik dengan cara door to door dan melakukan pendampingan kepada kelompok melalui tatap muka face to face.

KIM Akses Jaya menyadari dengan segala kekurangan dan keterbatasan karena kondisi gegografis  yang sulit dari jaringan internet, maka segenap pengurus dan anggota KIM “Askses Jaya” sepakat dan komitmen   hal tersebut jangan dijadikan alasan  untuk tidak berkarya tapi merupakan cambuk dan motivasi agar KIM  “Akses Jaya” tetap eksis sebagai pengguna dan pengelola layanan informasi kepada public yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi TIK.

Semua itu tentunya tidak hanya komitmen dan slogan semata tapi dibuktikan oleh anggota dan pengurus KIM “Akses Jaya “ setiap akan meng update data dan upload berita kami datang ke desa lain yang berjarak 2 Km untuk mendapatkan signal bagus.
“MANJADDA WA JADDA”  peribahasa ini adalah kalimat yang dijadikan motto oleh anggota dan pengurus KIM “Akses Jaya” untuk tetap selalu semangat dalam berkarya dan bersungguh-sungguh dalam bekerja.
Alhamdulillah jerih payah  kami terbayar semenjak  berdiri   sampai sekarang KIM “Akses Jaya” pada tahun 2011 telah meraih juara harapan I dan meningkat meraih juara I lomba Cerdik Cermat komunikatif tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2012 dan juara  I kuis RT/RW yang diadakan oleh Televisi swasta JTV di Bojonegoro tahun 2012.
   Walaupun masih jauh dari kesempurnaan  dalam memaksimalkan  peranan KIM sebagai penyebar informasi dan penampung aspirasi masyarakat di era teknologi informasi (TI) KIM “Akses Jaya” Desa Pejambon terus berupaya untuk lebih kreatif, partisipatif sehingga terwujud KIM yang sebenarnya sebagai pengelola informasi masyarakat.
KIM “AKSES JAYA”
SK Kepala Desa dengan No.188.4/09/412.51.13.2015/2010
Sekretariat : Jl. RA. Kartini No. 272
Ds. Pejambon Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegoro
Telp/Hp.    : 085 707 329 127
Email         : kimaksesjayapejambon@gmail.com
kimaksesjaya@yahoo.com
Blog           : Kim-aksesjaya.blogspot.com
Twitter       : @KIMAksesJaya
FB              : www.facebook.com/kimaksesjaya