Home Berita BUMDesa PEJAMBON SIAP JADI PILOT PROJECT BOJONEGORO

BUMDesa PEJAMBON SIAP JADI PILOT PROJECT BOJONEGORO

323
0

Pejambon-bjn.desa.id – Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Sarana Mandiri Desa Pejambon Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro Jatim, layak di jadikan Pilot Project oleh Bumdesa di kabupaten Bojonegoro, Rabu (16/1/2010).

Hal tersebut dikatakan Oleh Evi Octavia Marini atau yang biasa di panggil Bu Evi, selaku kepala Bidang ketahanan Masyaralat Desa/Kelurahan Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, saat acara Dialog Publik Jandom Bareng Kades Pejambon, dengan Tema LPJ Bumdesa tahun 2019 dan kiat kiat pengembangan ekonomi Desa.

Masih kata Evi ” berdasarkan data dari 419 Desa di Bojonegoro ada 305 Desa yang sudah mendirikan BUMDesa, 116 Desa yang sudah mulai menggeliat dan BUMDesa Sarana Mandiri Desa Pejambon mengawali menuju Bumdes sehat mulai Tatanan Administrasi dan pengelolaan keuanganya

Selain sehat tatanan administrasi dan keuangan Bumdesa Pejambon benar benar bisa menjadi penggerak Ekonomi di Desa, sehingga Bumdesa Pejambon sudah sesuai amanat pemerintah Kabupaten Bojonegoro, bahkan sudah ke jenjang Kementerian Desa.pungkas Evi Octavia Marini

Hal senada dipertegas oleh Alit Saksama perwakilan dari Dinas Kominfo kabupaten Bojonegoro diera tekhnologi Informasi beliau menyarankan nantinya mekanisme pengelolaan Bumdesa harus berbasis Tekhnologi, sehingga sesuai perpres nomor 95 tahun 2018 tentang Sistim Pemerintah Berbasis Elektronik.tegas nya.

Disampaikan oleh ketua Bumdesa Sarana Mandiri Andi Wimratani ada tiga tema besar dalam paparanya saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban di depan Publik, diantaranya Laporan keuangan Akhir tahun 2019, Evaluasi kegiatan tahun 2019, dan Rencana kegiatan yang dituangkan pada program kerja Bumdes untuk tahun 2020.

Pendapatan Bumdesa selama tahun 2019 sejumlah 108.900.000, dari 4 unit usaha diantaranya Wifi, pembayaran Listrik, sewa molen dan Wisata Desa.

turut hadir dalam acara Dinas PMD, Dinas Kominfo, Camat Sumberrejo, pendamping Bumdes dan PLD, BPD Pemerintah Desa, Lembaga Desa dan Masyarakat.(Suf)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here