Home Berita Anak Pejambon Tak Hanya Pintar Namun Juga Punya Unggah Ungguh

Anak Pejambon Tak Hanya Pintar Namun Juga Punya Unggah Ungguh

596
0

Foto siswa SDN Pejambon kelas 4 dan 5 sedang mengikuti pelajaran extra belajar bahasa jawa ( kromo ) setiap hari senin sampai Rabu.

Pejambon-bjn.desa.id      Anak anak pelajar Pejambon diharapkan tidak hanya pintar dalam pelajaran sekolah namun juga harus paham unggah ungguh ( etika ) dalam pergaulan, sopan bergaul dengan sesama teman dan santun dengan para seniornya. 

Hal tersebut di tegaskan oleh Gampang prawoto ketua Lembaga Kebudayaan Desa Pejambon pada 16/03/2018  di sekolah SDN pejambon saat melatih extra kepada anak  anak  siswa SDN  Pejambon agar mengenali aksara Jawa dan budaya Jawa yang semakin tertindas peradaban melinia.

” Selain belajar aksara jawa dan budaya jawa anak anak siswa SDN dan MII Pejambon  juga belajar ilmu bahasa jawa ( krama ) setiap tiga kali dalam satu minggu agar kelak anak anak bisa mempunyai unggah ungguh dan berjiwa sopan santun “.

Banyak hikmah yang bisa diambil dari kegiatan  extra tersebut diantaranya : 

  • dapat melestarikan seni dan budaya  jawa.
  • Membentuk karakter anak agar berjiwa sopan santun.
  • Mengurangi anak anak dari pengaruh budaya barat melalui internet negatif yang sudah meraja lela”. Imbuh Gampang Prawoto yang sehari hari berprofesi menjadi Guru PNS di sekolah SDN Pejambon.

Semoga cita cita luhur yang digagas oleh para stakehplder desa melalui Lembaga Kebudayaan Desa Pejambon benar benar berjalan lancar, hingga nanti bermanfaat bisa membentuk jiwa anak anak yang mampu menjunjung harkat dan martabat orang tua. (*/suf tirto )

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here